Breaking

04 April 2018

Tutorial ASP.NET MVC5 : Penggunaan Model Di ASP.Net MVC

Database dan Model
Setelah kita membuat project dan telah mengetahui struktur folder pada ASP.Net MVC, selanjutnya kita akan membuat database serta cara untuk mengkoneksikannya ke aplikasi yang telah kita buat.
Database yang dipakai SQL Server 2008 / 2016. kamu bisa download disini . Nah setelah download langsung install deh aplikasinya. Setelah proses intall yang panjang dan lama, hihi :D kamu bisa langsung jalankan aplikasinya. Ntar muncul seperti gambar di bawah ini.

1. Buka SQL Server 2008
Database & Model Open
Form Login SQL Server 2008
Akan muncul jendela seperti diatas, kemudian isikan server name sesuai nama server yang kamu buat (biasanya sesuai dengan nama komputer anda). Pilih Windows Authentication bila anda tidak menggunakan password pada akun SQL Server 2008 anda, Klik Connect .

2. Klik kanan pada folder database, pilih new database
Model & Database New Database
New database

3. Isikan Database name “CRUD”, Klik dua tombol di bawah untuk menentukan lokasi penyimpanan database.
Database & Model File Location
Lokasi simpan file

4. Klik Kanan New Table untuk membuat tabel baru.
Database & Model File Table
Buat tabel baru

5. Buatlah field (kolom) seperti gambar dibawah ini.
Database & Model Design Table
Menambahkan field pada tabel t_user

6. Klik kanan pada user_id, pilih set primary key. kemudian ubah menjadi “YES” pada kolom (Is Identity). Klik CTRL + S atau klik kanan pada jendela diatas tulisan column name  untuk simpan tabel dan berikan nama tabel : t_user
Database & Model Primary Key
Set primary key

Sampai sini kita telah berhasil membuat database yang akan banyak kita gunakan untuk berikutnya. Sekarang kita kembali lagi ke Visual Studio 2015 untuk membuat koneksi antara aplikasi dan SQL Server 2008 yang disebut dengan MODEL.

7. Buka Visual studio 2015, di Solution Explorer klik kanan folder Model, pilih Add, dan pilih New Item.
Database & Model Add New Item
Add New Item

8. Pilih Data –> ADO.NET Entity Data Model –> Isikan name : ModelCRUD –> Klik tombol Add
Database & Model Entity Data Model
Ado.Net Entity Data Model

9. Klik New Connection –> Server name ganti sesuai nama server SQL Server 2008 anda –> Pilih database yang akan digunakan. dalam tutorial ini kita menggunakan database “CRUD”. Kemudian Klik Test Connection jika berhasil akan muncul pesan success, lalu klik OK.
Database & Model Connection Properties
Connection properties
.

10. Klik Next dan pastikan Save connection setting in Web.Config as telah tercentang dan nama entities adalah CRUDEntities.
Database & Model Connection
CRUDEntities

11. Klik UF Designer from database (berwarna biru) kemudian klik Next.
Database & Model EF Designer
UF Designer from database

12. Klik Table –> dbo –> centang t_user –> Klik Finish
Database & Model Include Table
Centang t_user

13. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini yang menandakan kita telah membuat Model (Lihat Folder Model telah ditambahkan beberapa file). Tabel yang tampil akan sesuai dengan tabel yang ada di database. kita juga bisa menambah atau memperbarui tabel lagi jika inginkan dengan cara klik kanan pada jendela kosong di samping t_user dan kemudian pilih Update Model From Database.
Database & Model Finally
Model pada project

Sejauh ini kita sudah berhasil membuat Model yang menghubungkan antara aplikasi (Visual Studio 2015) dengan database SQL Server 2008. Dalam tutorial berikutnya kita akan membuat tampilan (Views) login.

No comments:

Post a Comment